Selamat datang di ideaonline.co.id

Kiat Menata Ruang Keluarga Mungil Agar Tampak Lega


Jangan sedih punya ruang keluarga mungil. Dengan kiat menata ini, ruang keluarga jadi tampak lega! 

Posted on 9 Januari 2017 | Penulis: Carissa F. Permata/Fransisca Wungu
Kiat Menata Ruang Keluarga Mungil Agar Tampak Lega

 iDEAonline.co.id – Zaman sekarang, punya rumah mungil sudah jadi hal biasa. Kenaikan harga tanah dan hunian berdampak pada semakin kecilnya ukuran rumah. Ruang-ruang pun semakin kecil ukurannya.

 Salah satu ruang yang penting di rumah adalah ruang keluarga. Di sinilah berbagai aktivitas dapat dilakukan, mulai dari bersantai sampai menerima tamu yang sudah akrab.

 Jika ruang keluarga ukurannya kecil, apakah semua fungsi itu dapat dipenuhi? Tentu bisa, asalkan ruang keluarga mungil tersebut ditata dengan baik. Simak kiat menata ruang keluarga mungil agar tampak lega berikut ini!

 1. Warna merupakan salah satu solusi yang bisa dipilih untuk membuat ruang keluarga kecil terlihat lebih luas. Selama ini, warna putih adalah pilihan mutlak agar ruang tidak terlihat sempit. Padahal tidak harus demikian. Sebagai variasi, pilih warna muda lain, misalnya abu-abu muda atau krem, atau warna-warna pastel.

 2. Untuk menciptakan efek visual yang erat, aplikasikan warna yang terpilih pada sebagian besar perabotan dan elemen ruang seperti dinding, lantai dan bukaan, termasuk langit-langit dan lis plafon, karena kedua lemen tersebut memiliki efek visual yang sama kuatnya dengan dinding. Sebaiknya warna yang daplikasikan pada langit-langit memiliki gradasi yang sedikit lebih terang dari warna dinding, agar tercipta kesan tinggi.

 3. Satu objek vertikal yang memiliki ketinggian yang kontras dengan perabotan lainnya dapat memberikan efek tinggi pada ruang. Tidak hanya furnitur dan aksesori, tirai yang dipasang lebih tinggi dari bagian atas kusen jendela juga dapat memberikan kesan meninggi.

 4. Cermin adalah solusi lain yang tak kalah efektif. Selain memantulkan cahaya yang membuat ruang lebih terang, pantulan cermin juga menciptakan ilusi visual yang membuat ruang terlihat lebih luas. Untuk efek optimal, pasang cermin berukuran besar dan diletakkan di sisi yang bisa memantulkan ruang secara keseluruhan.

 5. Pilih perabot yang tampilannya berkesan ringan. Bentuk yang langsing membuat furnitur tidak memblok pandangan dan membuat kesan penuh pada ruang. Jika ingin menghadirkan sofa, pilih yang berkaki ramping  yang mengesankan ringan.

6. Penataan sofa dan kursi serta meja yang tidak langsung menempel pada dinding menciptakan kesan memusat pada ruang. Selain menyisakan ruang untuk area sirkulasi, penataan seperti ini juga membuat ruang terlihat jauh lebih leluasa.

Nah, dengan 6 kiat penataan di atas, ruang keluarga mungil pun tampak lebih lega!

Foto: IKEA

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus