Selamat datang di ideaonline.co.id

Kiat Menata Perabot di Ruang Keluarga Sesuai Aktivitas


Nggak usah bingung menata perabot di ruang keluarga.  Yang penting, tentukan aktivitas di ruang itu. Ini dia kiatnya!

Posted on 12 Januari 2017 | Penulis: Fransisca Wungu Prasasti
Kiat Menata Perabot di Ruang Keluarga Sesuai Aktivitas

iDEAonline.co.id  – Ruang keluarga merupakan ruang yang sangat personal. Artinya, masing-masing keluarga memiliki aktivitas yang berbeda-beda yang dilakukan di ruang tersebut.

Kegiatan yang dilakukan keluarga tersebut akan menentukan seperti apa jenis perabot yang dibutuhkan, serta bagaimana penataannya. Penataan yang tepat akan membuat orang yang berada di ruang tersebut merasa nyaman dan betah.

Sebelum menata perabot di ruang keluarga,  tentukan dulu aktivitas apa yang akan sering berlangsung di sana. Berikut ini beberapa kiatnya!

  • Jika kegiatan yang sering dilakukan adalah menonton TV atau bermain video game , pilih penataan memusat. Sofa dan kursi diatur menghadap ke arah pusat perhatian ruang. Satu atau dua kursi boleh diletakkan membelakangi pusat perhatian, namun sebaiknya kursi-kursi ini dapat diputar arah dengan mudah.
  • Untuk keluarga yang memiliki anak kecil, terutama balita, sisakan area kosong di tengah ruang. Area yang luas ini dapat dilapisi  karpet. Sementara, sofa dan kursi dapat diletakkan di sekitar karpet, sebagai area untuk orang dewasa berbincang-bincang. 
  • Kalau ngobrol adalah kegiatan yang paling sering dilakukan di ruang keluarga, atur kursi mengelilingi sebuah meja. Jarak antara meja dan kursi ini dibuat cukup dekat, agar selain dapat terjalin percakapan yang akrab, orang tidak akan berjalan di antaranya.
  • Jika ruang keluarga juga digunakan untuk menerima tamu, penataan furnitur secara simetris dapat dipilih. Letakkan sebuah meja di tengah, dengan sofa atau kursi diletakkan di sekitarnya secara simetris, bagian kanan sama dengan bagian kiri.

 Nah, mana penataan yang paling cocok untuk ruang keluargamu?

Foto: Adeline Krisanti

Properti: Ifin & Lika, Cireundeu, Tangerang

Arsitek: Muchrifin (Nareiswari Cita Karya)

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus