Selamat datang di ideaonline.co.id

3 Hal Wajib Tahu Ketika Menentukan Titik Fokus Ruang


Titik fokus penting karena ke sinilah mata akan langsung tertuju ketika memasuki ruang. Cek tiga hal wajib tahu ketika menentukan titik fokus ruang. 

Posted on 11 Januari 2017 | Penulis: Maulina Kadiranti
3 Hal Wajib Tahu Ketika Menentukan Titik Fokus Ruang

iDEAonline.co.id – Titik fokus atau focal point adalah sebuah area di mana mata akan pertama kali berhenti ketika seseorang memasuki sebuah ruang. Ini dia tiga hal wajib tahu ketika menentukan titik fokus ruang.

1. Titik fokus dapat berupa apa saja, entah itu sebuah jendela besar yang menyajikan pemandangan indah di luar rumah ataupun sebuah objek seni. Intinya, kehadiran benda ini menciptakan kontras pada ruang sehingga menjadi penarik perhatian.

2. Benda atau area yang menjadi titik fokus tidak harus terletak berhadapan dengan perabotan, yang terpenting adalah letaknya harus berada dalam jarak pandang yang sama dengan area pintu masuk ruang, sehingga ketika seorang pengguna masuk, matanya akan dengan mudah menemukan titik fokus tersebut.

3. Keberadaan titik fokus ini akan “menyeimbangkan” komposisi visual ruang. Pusat ruang adalah area terkonsentrasinya kegiatan di dalam ruang. Pada ruang tengah, area ini adalah area di mana terdapat meja dan sofa atau kursi yang diletakkan di sekelilingnya. Kegiatan seperti menonton televisi atau berbincang berlangsung di sini. Pada ruangan dengan ukuran yang besar, area yang menjadi pusat ruangan bisa berjumlah lebih dari satu agar terdapat pemisahan area duduk (seating areas ).

Foto: Arbor Troy

Fransisca Wungu
EDITOR

Fransisca Wungu

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus