Selamat datang di ideaonline.co.id

Biar Terang, Yuk Pasang Glassblock di Dinding Kamar!


Kamar kurang terang karena tidak berjendela? Pasang saja glassblock pada dindingnya. Ini cara mudahnya!

Posted on 6 Januari 2017 | Penulis: Asti
Biar Terang, Yuk Pasang Glassblock di Dinding Kamar!

iDEAonline.co.id – Enggak enak kan rasanya berada di kamar yang kurang pencahayaan? Ruang itu dikelilingi tembok, tanpa lubang cahaya. Bisa jadi ini karena sudah tidak mungkin lagi dibuat jendela pada kamar itu.

Tapi jangan khawatir, karena sebetulnya dinding itu masih dapat diolah dengan menambahkan jalan masuknya cahaya berupa glassblock.

Glassblock merupakan balok kaca berukuran 19 cm x 19 cm dengan ketebalan 8-12,5 cm. Ketebalan dan bahan kacanya akan mendistorsi bayangan seperti prisma. Cahaya masih tetap dapat masuk, namun orang dari luar tidak dapat melihat ke dalam kamar.

Glasblok juga fleksibel untuk ditempatkan di sisi tembok manapun. Ia berfungsi sebagai bidang transparan untuk jalan cahaya, sekaligus elemen dekoratif ruangan. Jenis lubang dapat Anda variasikan, bentuk persegi seperti biasa atau yang dirotasi 45°.

Tak hanya bening, glassblock juga ada yang berwarna, yakni, biru, cokelat, dan hijau. Motifnya pun beragam, yaitu berbagai pola garis lurus dan lengkung, gelembung, atau tekstur efek tertentu.

Ingin mencoba menambahkan glasblok pada dinding Anda? Lakukan sendiri dengan langkah-langkah berikut.

 1. Gambar bagian tembok yang ingin dilubangi. Lebihkan sekitar 5 cm di sekelilingnya. Cek kelurusan titik teratas dan titik terbawah dengan menggunakan bandul.

 2. Bobok tembok dengan pahat dan martil sesuai batas garis yang telah digambar.

 3. Bersihkan sisi dalam tembok yang akan dipasang glasblok dari sisa-sisa debu puing. Lap dengan kain lembap jika perlu.

 4. Pada ember campurkan semen perekat instan dengan air hingga berbentuk pasta. Perbandingan volume air : bubuk perekat = 1:3.

 5. Diamkan campuran selama 5 menit lalu aduk kembali. Aplikasikan adonan pada 2 sisi yang akan dipasang glassblock pertama kali.

 6. Selagi basah, pasang glassblock di atasnya. Tekan-tekan hingga glassblock melekat sempurna.

 7. Oleskan adonan ke sisi glasblok yang akan ditempel dengan glassblock berikutnya. Demikian seterusnya hingga seluruh glassblock terpasang.

 8. Isi sisa lubang di dinding dengan semen perekat. Segera bersihkan perekat yang menempel pada glassblock.

 9. Tunggu hingga 24 jam untuk pengaplikasian cat di bagian dinding yang ditambal.

 Kini kamar pun menjadi lebih terang berkat cahaya yang masuk dari glassblock!

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus