Selamat datang di ideaonline.co.id

Trik Menata Kamar Mandi Bawah Tangga


Jangan sampai salah mendesain kamar mandi  di bawah tangga sehingga tidak nyaman, bahkan membahayakan. Simak trik berikut ini!

Posted on 6 Januari 2017 | Penulis: Lukkie Putranto
Trik Menata Kamar Mandi Bawah Tangga

iDEAonline.co.id  – Kasus perampokan Pulomas, yang korbannya meninggal karena kehabisan nafas saat dikurung di kamar mandi, membuat kita berpikir ulang tentang desain kamar mandi di rumah. Terutama kamar mandi di area yang sempit seperti kamar mandi di bawah tangga.

Area bawah tangga sangat sempit, bahkan seringkali cuma jadi gudang atau tak jarang malah tidak dimanfaatkan sama sekali. Namun ternyata bukan mustahil dimanfaatkan jadi kamar mandi yang nyaman.

Memiliki kamar mandi di bawah tangga ada banyak keuntungannya. Selain rumah terasa ringkas, area yang sering terdapat di sekitar ruang tamu ini lebih mudah dijangkau oleh para tamu agar tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pribadi pemilik rumah.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ununtuk menciptakan kamar mandi di area bawah tangga:

  • Ukurlah ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Di ruang yang nyaman, setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian ideal minimal 2,2 m.
  • Karena disebabkan anak tangga tidak sama tinggi, ada bagian  langit-langit yang lebih rendah dibandingkan bagian lainnya. Manfaatkan  bagian yang rendah sebagai area penyimpanan peralatan kamar mandi seperti  tempat tisu atau sabun.
  • Area bawah tangga umumnya berukuran mungil, untuk itu perhatikan sirkulasi udara. Usahakan ada akses udara masuk dari luar ke dalam. Sehingga kamar mandi tidak menjadi  lembap dan sesak.  Untuk menghemat tempat, buatlah bukaan berupa lubang angin berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.
  • Di dalam kamar mandi, pencahayaan  memegang peranan penting. Pastikan penerangan buatan di dalam area ini. Anda dapat membuat jalan masuk cahaya alami, seperti kaca yang terhubung ke luar rumah. Cahaya matahari  baik untuk menghalau kelembapan dalam ruang serta berkembangnya jamur dan kuman.
  • Karena letaknya di bawah tangga, tidak semua fungsi kamar mandi dapat terakomodasi. Yang terpenting, bagi sebuah kamar mandi tamu adalah keberadaan kloset dan wastafel. Sebagian besar tamu menggunakan kamar mandi sebagai tempat buang air dan mencuci tangan.

Foto: plusroom.net

Indra Zaka Permana
EDITOR

Indra Zaka Permana

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus