Selamat datang di ideaonline.co.id

Cara Ini Dapat Mengubah Tampilan Dapur dengan Mudah


Sekali-kali coba lepaskan handle pintu lemari. Amati yang terjadi. Lemari dapur yang lama bisa berubah gaya menjadi modern.

Posted on 11 Januari 2017 | Penulis: Putri Dwimirnani
Cara Ini Dapat Mengubah Tampilan Dapur dengan Mudah

iDEAonline.co.id  – Gagang atau handle  pada kabinet berfungsi sebagai alat untuk membuka atau menutup pintu. Bentuknya bisa beragam, mulai dari yang polos hingga berlekuk-lekuk, tergantung pada gaya yang dipilih.

Seiring dengan semakin berkembangnya konsep desain modern, bentuk handle  pun bertransformasi menjadi semakin simpel dan dibuat praktis. Bahkan kini, beberapa desain modern mencoba menghilangkan handle  sebagai alat buka tutup furnitur.

Dengan meniadakan handle  , bentuk yang tercipta menjadi lebih sederhana dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kabinet pun menjadi tersembunyi. Kalau di dapur, bentuk lemarinya menjadi lebih rapi.

Tentu saja ada konsekuensi yang harus ditanggung ketika menghilangkan peran handle  ini. Tanpa handle , bagaimana cara membuka pintu kabinet? Beberapa cara terpikirkan oleh para desainer, seperti menggunakan sistem per pada pintu. Dengan sedikit tekanan, pintu kabinet akan terbuka. Praktis dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Selain sistem per tersebut, dapat juga dibuat cerukan, entah pada bagian atas atau bawah pintu, sebagai pengganti peran handle  tadi. Cerukan yang terletak pada satu sisi pintu itu tentu dibuat terselubung agar tidak tampak dari depan. Sisakan jarak di atas cerukan tersebut (bila cerukan berada di bagian atas pintu) sebagai ruang untuk tangan ketika membuka pintu.Tidak perlu terlalu lebar, cukup sekitar 3 cm. Dengan begitu, pintu kabinet pun dapat dibuka dengan mudah tanpa memerlukan handle  tambahan.

Tidak hanya pada kabinet, sistem cerukan ini dapat pula diterapkan pada laci, dengan ketentuan yang persis sama. Dengan membuang handle  dari kabinet anda dapat menyembunyikan ruang-ruang penyimpanan, kesan modern pun lebih terasa. Cara ini dapat mengubah tampilan dapur dengan mudah , bukan?

Foto: Dok. iDEA

EDITOR

Putri Dwimirnani

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus