Selamat datang di ideaonline.co.id

8 Tips Merenovasi Dapur Rumah


Apa saja yang perlu dilakukan sebelum merenovasi dapur rumah? Ini dia 8 tips merenovasi dapur rumah.

Posted on 16 Desember 2016 | Penulis: Sara Agustriana
8 Tips Merenovasi Dapur Rumah

iDEAonline.co.id  –  Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Di dapur rumah inilah, Anda bebas mengekplorasi kemampuan dalam mengolah makanan. Untuk menyalurkan hobi Anda tersebut, pastilah kenyamanan dalam memasak sangat dibutuhkan di sini.

Sebuah desain dapur memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan selama memasak. Jika kegiatan memasak Anda tidak menyenangkan seperti dulu, ada baiknya Anda merenovasi ruang favorit Anda tersebut. 

Sebelum memutuskan untuk merombak dapur, pastikan Anda tahu apa yang akan Anda lakukan. Pastikan bahwa semuanya terencana dengan baik sebelum Anda mengambil langkah pertama. Bersemangat boleh, tetapi jangan terlalu berlebihan! Karena renovasi bukan sekadar memberikan tampilan baru secara total, melainkan lebih dari itu. Apabila Anda menginginkan happy ending  untuk ruang favorit Anda di rumah, maka Anda harus perhatikan delapan tips berikut.

Alokasikan dana

Anda akan benar-benar membutuhkan dana ketika memutuskan untuk merombak dapur rumah karena harus membeli berbagai bahan dan peralatan. Anda pun juga perlu membayar tenaga kerjanya. Dianjurkan ketika mengalokasikan anggaran untuk renovasi dapur, yang terbaik adalah Anda menghabiskan 29% untuk lemari dan hardware , 22% untuk desain dan instalasi, 16% untuk langit-langit, lantai, jendela, dinding dan pintu, 14% untuk perkakas dan ventilasi, 10% untuk countertop dan 9% untuk listrik dan pemasangan pipa. Jika Anda menggunakan ini sebagai panduan, maka Anda tak akan salah dalam mengatur anggaran dana Anda.

Catat prioritas utama dalam renovasi

Pasti, ada alasan utama mengapa Anda memutuskan untuk merenovasi dapur. Alasan utama tersebut menjadi prioritas yang perlu Anda perhatikan saat merombak dapur rumah. Itu bisa saja cat tembok baru, layout baru, atau apapun. Catat poin-poin utama tersebut.

Rencana lingkup pekerjaan

Hal ini tidak harus Anda lakukan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membuat daftar bagian mana yang ingin direnovasi terlebih dahulu.

Melakukan riset

Tak kalah pentingnya. Searching mengenai segala sesuatu sebelum merenovasi dapur patut Anda lakukan. Misalnya, ketika Anda ingin membeli berbagai keperluan renovasi, Anda sudah mengetahui mana pilihan yang baik sehingga tak akan salah pilih.

Cari inspirasi desain

Desain seperti apa yang Anda inginkan untuk dapur tercinta? Ada begitu banyak desain dapur yang cantik-cantik. Anda harus pilih salah satu yang paling menarik perhatian Anda, kemudian terapkanlah.

Rencana posisi-posisi di dalam dapur

Selain gambar desain dapur ideal Anda, milikilah rencana dapur yang Anda inginkan seperti penempatan jendela, pintu, pipa saluran air, dan lain-lain. Ini akan membantu desainer Anda dalam menciptakan desain yang lebih baik dari apa yangs sudah Anda miliki.

Cek kembali peralatan lama

Lihatlah ke lemari dapur Anda. Cek apakah ada beberapa peralatan yang masih dapat digunakan? Sebelum Anda membeli peralatan baru, coba cari barang-barang lain yang mungkin bisa diperbaiki.

Hubungi profesional

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas, maka yang terakhir adalah menghubungi profesional baik desainer maupun kontaktornya. Jangan memilih profesional secara sembarang. Pastikan betul mereka memiliki pengalaman yang baik. Setelah itu, barulah Anda diskusikan hal-hal yang sudah Anda siapkan sebelumnya dengan para profesional tersebut.

Sumber: http://homedesignlover.com

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus