Selamat datang di ideaonline.co.id

Mau Acara Makan Makin Asyik? Coba 4 Ragam Pencahayaan di Ruang Makan


Mau mengundang beberapa teman untuk jamuan makan malam? Pikirkanlah pencahayaan yang tepat untuk membangun suasana akrab. Cobain 4 ragam pencahayaan berikut ini

Posted on 26 Agustus 2016 | Penulis: nuriyah amalia
Mau Acara Makan Makin Asyik? Coba 4 Ragam Pencahayaan di Ruang Makan

iDEAonline.co.id –  Makan tak harus selalu di ruang makan. Ya, kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan di luar dan didukung oleh pencahayaan agar acara bersantap semakin asyik. Pencahayaan adalah salah satu elemen penting untuk membangun suasana.

Karena itu, kehadirannya sangat penting dalam sebuah ruang, apalagi dalam sebuah pesta atau acara makan bersama. Dengan pencahayaan yang tepat, ambiens atau suasana ruang dapat memanjakan tamu dan membuat mereka betah berlama-lama. Selain lampu, ada pula ragam pencahayaan lain yang dapat Anda gunakan.

Lampu

Pencahayaan ruang dari lampu dapat berasal dari lampu existing yang sudah ada atau dengan menambahkan lampu aksen. Misalnya, lampu sorot untuk memberi efek cerah atau hangat. Anda juga bisa menambahkan standing lamp di sudut ruang atau lampu gantung di atas meja makan. Lampu redup atau bercahaya warm kekuningan dapat menciptakan suasana berbeda daripada lampu berwarna putih. Namun, saat makan, ada baiknya nyalakan lampu yang terang agar para tamu tak kesulitan menyantap hidangan.

Lilin

Ada beragam jenis lilin, baik bentuk dan warnanya. Ada yang statis dan diletakkan dalam wadah, biasanya digunakan sebagai centerpiece dan dirangkai dengan bunga. Ada pula lilin apung yang dapat diletakkan di jambangan lebar berisi air dan bunga potong. Bila dinyalakan, lilin apung akan memberi efek dramatis dan sensasi yang menyenangkan.

Bila Anda ingin suasana pesta atau jamuan yang romantis, letakkan lilin di mana-mana dengan susunan yang apik. Padukan dengan bebungaan. Anda juga dapat menyusun lilin mulai dari pintu masuk tamu dan berakhir di meja makan.

Obor

Pencahayaan dengan obor sangatlah cocok bila pesta diadakan di luar ruangan. Letakkan obor di penjuru ruang untuk menghangatkan udara sekitar sekaligus member penerangan dramatis dengan kesan rustic. Selama pesta berlangsung, baiknya ada yang menjaga nyala obor agar tetap konsisten dan besarnya api tidak mengganggu para tamu.

Lampion

Untuk memberi aksen pencahayaan di luar ruangan, Anda dapat menggunakan lampion. Karena cahayanya sangat kecil, baiknya lampion tidak digunakan sebagai penerangan utama. Namun, lampion cocok dijadikan unsur dekoratif karena bentuknya yang unik dan pendaran cahayanya yang menarik.

Foto: lementstudios

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus