Selamat datang di ideaonline.co.id

Lima Cara Membuat Serambi Belakang Rumah Berkonsep Ramah Lingkungan


Ingin membuat serambi belakang rumah Anda dengan konsep ramah lingkungan? Yuk, intip aja caranya di bawah ini.

Posted on 23 November 2016 | Penulis: Sara Agustriana
Lima Cara Membuat Serambi Belakang Rumah Berkonsep Ramah Lingkungan

iDEAonline.co.id – Ternyata begini cara mudah membuat serambi belakang rumah berkonsep ramah lingkungan. Jangan buat setengah-setengah (interior atau eksteriornya saja). Melainkan ciptakan hingga ke seluruh ruang dalam hunian, termasuk serambi belakang rumah untuk konsep ramah lingkungan.  

Pasalnya, serambi belakang rumah atau patio seringkali menjadi spot favorit untuk area luar rumah. Hal ini karena area serambi memang paling asyik digunakan untuk bersantai, menikmati semilir angin sembari ditemani obrolan seru bersama anggota keluarga.

Untuk membuat serambi belakang rumah dengan konsep ramah lingkungan, tidaklah menghabiskan dana terlalu banyak. Karena konsep hijau merupakan konsep yang murah dan mudah. Untuk membantu Anda memperoleh ide yang baik, simak lebih lanjut.

1. Buatlah drainase yang tepat di serambi belakang rumah Anda untuk mencegah kerusakan akibat air hujan. Serambi biasanya terhubung dengan taman rumah. Area taman ini haruslah memiliki kemiringan dari permukaan rumah. Ini untuk menjadi permukaan bebas dari kelembapan yang dapat menyebabkan jamur dan lumut.

2. Cobalah menggunakan batu berpori untuk area jalannya agar air dapat meresep ke dalam. Trotoar alami dengan potongan dedaunan dan kerikil-kerikil kecil lebih ramah lingkungan ketimbang batu-bata atau beton.

3. Manfaatkan serambi belakang Anda tidak hanya untuk duduk-duduk, tetapi juga sebagai ruang untuk menempatkan pot-pot sayuran hijau yang akan menambah daya tarik. Lebih dari itu, mereka juga dapat menjadi sumber makanan sehat tanpa perlu beli di swalayan.

4. Lebih fokus kepada barang-barang tak terpakai untuk furnitur di serambi belakang, ketimbang membeli baru. Ini mejadi cara paling baik untuk mengurangi terciptanya carbon footprint .

5. Untuk furnitur, ada pilihan teras karper dari bahan organik yang dapat menjadi pilihan Anda. Karpet ini terbuat dari bahan ramah lingkungan, sekaligus dari bahan terbaharukan. Sisal, katun, goni, bambu,dan kain wol adalah beberapa pilihan bahan karpet yang dapat dipertimbangkan.

Selain lima hal diatas, menanam pohon musim gugur di sekitar serambi belakang rumah akan memberikan keteduhan di musim panas dan membiarkan sinar matahari masuk di musim dingin. Hadirnya pohon membuat kualitas udara meningkat, emisi karbon pun berkurang.

Sumber: dari berbagai sumber

Sumber foto: photobucket.com

-

Baca juga:

6 Desain Pergola yang Keren Abis dan Bisa Diaplikasikan di Rumah

Seperti Ini Cara Menghitung Kebutuhan Konblok Untuk Membangun Lantai Carport

3 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Garasi Selalu Rapi

Igloo Untuk Halaman Belakang? Unik dan Cantik!

5 Benda yang Dapat Memperindah Teras Rumah Anda

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus