Selamat datang di ideaonline.co.id

6 Cara Bangun Atap Bata Melengkung


Bata bukan hanya untuk tembok, namun juga cocok untuk atap teras depan. Kami paparkan 6 cara bangun atap bata melengkung.

Posted on 20 Agustus 2016 | Penulis: Tatang/ Swantika Metta
6 Cara Bangun Atap Bata Melengkung

iDEAonline.co.id   Intip 6 cara bangun atap bata melengkung. Teras depan atau dikenal juga dengan istilah portico  berfungsi sebagai ruang transisi dari taman ke dalam rumah. Di portico  itu, kita bisa memberi aksen pada atap dari bata ekspos yang lazimnya sebagai material dinding. Atap bata itu tidak berbentuk datar, melainkan melengkung dan menaungi luas portico.

Bagaimana membangun atap bata melengkung? Kami paparkan 6 cara bangun atap bata melengkung  yang dapat Anda lakukan. Agar maksimal, sebaiknya Anda menggunakan tukang bangunan yang berpengalaman.

6 cara bangun atap bata melengkung

 

Langkah pengerjaan

1. Tentukan letak atap portico . Lalu, ukur luas portico dan pastikan posisi tiang yang menyangga atap yang akan Anda bangun.

2. Sambungkan dua tiang tadi dengan dinding utama bangunan. Ikat dan rekatkan sambungan dengan tulangan besi dan cor beton. Kekuatan tiang akan mempengaruhi beban balok atap.

3. Siapkan bekisting atap dari bahan kayu dan tripleks. Pastikan struktur bekisting kuat untuk menyangga struktur atap lengkung yang akan dibangun. Kemiringan atap sebaiknya 30 derajat atau sekitar 30 buah bata yang berdiri tegak pada sisi lebarnya.

4. Susun bata berdiri tegak pada sisi lebar. Pasang bata satu per satu sesuai bentuk lengkung. Pastikan bagian dasar bata menempel rata pada bekisting.

5. Beri adukan semen-pasir, --dengan perbandingan campuran 1:2, di sisi kiri dan kanan bata. Pastikan jarak antar bata sama dan tidak terlalu jauh.

6. Setelah susunan bata jadi, tunggu hingga coran benar-benar kering. Setelah cor matang dan siap digunakan, bongkar bekisting. Cek kembali kekuatan atap. Jika terlihat kuat, atap lengkung siap finishing  dengan menggunakan coating  batu alam natural. Alhasil atap bata lengkung indah dan tidak mudah berlumut.

 

6 cara bangun atap bata melengkung 2

Bagaimana iDEA Lovers dengan paparan 6 cara bangun atap bata melengkung ini? Selamat mencoba.

Foto: Dok iDEA.

Properti: Keluarga Noer Arifin di Bekasi 

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus