Selamat datang di ideaonline.co.id

Rawat Tanaman Sukulen Dengan Tiga Cara Berikut


Meskipun tanaman Succulent atau sukulen merupakan jenis tanaman yang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang kering, bukan berarti tidak membutuhkan perawatan. Lakukan tiga perawatan berikut agar tanaman terus tumbuh dan hidup lebih lama.

Posted on 21 November 2016 | Penulis: Sara Agustriana
Rawat Tanaman Sukulen Dengan Tiga Cara Berikut

iDEAonline.co.id – Ada tiga cara mudah untuk merawat tanaman sukulen. Tanaman jenis ini mudah beradaptasi di lingkungan yang kering. Pasalnya, ia dapat menyimpan persedian air pada daun, batang, bahkan akarnya. Sebab itu, tanaman sukulen bisa didefinisikan sebagai tanaman yang dapat bertahan pada musim kemarau.

Meskipun tanaman tersebut dapat hidup ditempat yang kering, bukan berarti tanaman sukulen ini sulit mati. Tetap saja, bila tidak dilakukan perawatan dengan benar, tentu saja tanaman tersebut tidak akan bertahan untuk waktu yang lama.

Sebab itu, lakukan tiga cara tepat berikut ini untuk melakukan perawatan yang benar terhadap beragam jenis sukulen, mulai dari adenium dengan batang dan akarnya yang menggelembung besar, cyphostemma dengan batangnya yang besar, ipomoea dengan bonggol akarnya yang bulat menarik, aloe dengan daunnya yang tebal dan menarik, hingga kaktus dengan durinya di sekujur batang.

Berikan mereka matahari langsung

Sukulen sangat suka sinar matahari langsung. Namun, bila Anda menempatkan mereka di tempat yang sama tanpa adanya perputaran, maka tanaman tersebut hanya akan tumbuh di satu sisi saja. Disarankan untuk rutin memutar tanaman agar tanaman tumbuh dengan sempurna.

Rawat sesuai jadwal

Seperti manusia, tanaman sukulen juga membutuhkan energi yang banyak ketika mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Selama musim semi dan musim panas, tanaman ini akan berkembang dan membutuhkan minum lebih banyak ketimbang ketika mereka sedang dalam masa istirahatnya, yakni di musim gugur dan musim dingin. Sekarang Indonesia masuk musim hujan, berarti tanaman sukulen sedang tidak membutuhkan banyak air.

Jaga agar selalu tetap bersih

Tak pelak, tanaman indoor secara bertahap dapat menghasilkan debu ke permukaaan tanaman, yang dapat menghambat pertumbuhan mereka. Untuk itu, seka daun secara lembut dan basahi mereka dengan kain basah. Catatan, Anda bisa gunakan kuas lembut untuk tiap spot yang sulit dijangkau.

Tak sulit bukan? Yuk lakukan tiga perawatan di atas terhadap tanaman sukulen Anda.

Sumber: http://www.architecturaldigest.com

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus