Selamat datang di ideaonline.co.id

Mau Tau Banyak Mengenai Taman Tropis Modern? Di Sini!


Mulai dari perawatan sampai karakter taman tropis modern bisa dilihat di sini.

Posted on 9 Januari 2017 | Penulis: Nelza/Maulina
Mau Tau Banyak Mengenai Taman Tropis Modern? Di Sini!

iDEAonline.co.id – Komposisi hijaunya dedaunan dan birunya air membuat perpaduan keindahan yang begitu harmonis. Pemandangan ini tentu saja akan sangat langka ditemui di kota besar. Jalan satu-satunya untuk dapat menikmati keindahan alam yang alami, tentu saja dengan menghadirkan taman di rumah.

Taman tropis adalah gaya taman yang paling sesuai dengan iklim di Indonesia. Berlimpahnya sinar matahari membuat tanaman tropis pun menjadi tumbuh subur. Komposisi strata tanaman yang padat seperti tanaman berdaun indah serta perpaduan hard material  menjadi aksen penting untuk menciptakan taman tropis terlihat lebih indah dan alami. 

Perkembangan desain taman yang disesuaikan dengan kebutuhan gaya hidup masyarakat urban ternyata membuat gaya taman tropis modern yang identik dengan  perawatan mudah lebih digemari. 

Gaya taman tropis modern merupakan adaptasi dari desain taman tropis yang sebelumnya sudah ada. Namun taman tropis modern  ini terlihat lebih rapi dan tertata dalam pengaturan komposisi tanaman dan pemilihan hard material  yang lebih kekinian.

Karakter taman tropis modern lebih terasa berkat hadirnya unsur air yang diwakilkan dengan keberadaan kolam renang dan paduan komposisi strata tanaman tropis yang rapi dan teratur.

Adapun tanaman yang digunakan pada taman belakang ini antara lain senthe hitam (Alocasia plumbea ), bambu kuning (Bambusa vulgaris ), adam hawa (Rhoeo discolor ), nanas-nanasan (Bromeliaceae ), dan tanaman air sebagai aksen.

Untuk dinding pada taman belakang dipakai batu tempel dan dikamprot agar terkesan lebih alami. Sedangkan untuk jalan setapak atau daerah perkerasan pada taman belakang dikonsep menyatu antara teras rumah, pergola dan kolam renang.

Untuk perkerasan taman menggunakan beton sikat dan diberi sentuhan keramik kupu-kupu supaya tampilan terlihat lebih menarik.

Mau punya taman seperti ini?

Foto: Richard Salampessy, Dwight Claudia

Arsitek Lanskap: Primalands

Fransisca Wungu
EDITOR

Fransisca Wungu

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus