Selamat datang di ideaonline.co.id

Ini Lima Langkah Mudah Menata Halaman Rumah Ramah Lingkungan


Maksimalkan fungsi halaman belakang rumah sebagai ruang bersantai dengan menjadikannya area ramah lingkungan. Caranya? Tepat di bawah ini.

Posted on 23 November 2016 | Penulis: Sara Agustriana
Ini Lima Langkah Mudah Menata Halaman Rumah Ramah Lingkungan

iDEAonline.co.id – Tak sulit, hanya dengan lima langkah mudah untuk menata halaman rumah yang ramah lingkungan. Sebelumnya, pernakah Anda membayangkan kenikmatan paparan sinar matahari pagi yang hangat dan menyehatkan serta terpaan angin di antara pepohonan? Mungkin hal ini hanya bisa Anda dapatkan di area pegunungan atau pantai bukan?
Namun, kegiatan bersantai sembari menikmati semua hal tadi, sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Ya, halaman belakang rumahlah yang berperan memberikan kenikmatan tersebut. Namun kadang kala, halaman belakang rumah belum maksimal menjalankan fungsinya lantaran tak didukung oleh konsep yang benar.

Konsep ramah lingkungan selayaknya Anda terapkan untuk halaman rumah Anda. Untuk itu, simak lima langkah mudah berikut untuk membuat konsep ramah lingkungan di halaman belakang rumah Anda.
Padukan eksterior rumah dengan interiornya

Sebelum mulai membangun halaman, pastikan area interior dan eksterior rumah tidak seperti langit dan bumi. Kaburkanlah batasan antara "bagian dalam" dan "bagian luar" dengan membangun jendela-jendela besar. Dengan cara ini, Anda dapat melihat pemandangan di luar rumah, begitu pula sebaliknya. Tidak hanya menyediakan pemandangan indah, jendela-jendela besar tersebut dapat juga dibuka-tutup untuk menjadi akses masuk udara segar ke dalam rumah.

Mulai berburu barang-barang ramah lingkungan

Sekarang, tiba waktunya mencari dan "menyetok" barang-barang perlengkapan dan dekorasi halaman. Pastikan barang yang dibeli, ramah lingkungan. Barang-barang ramah lingkungan bisa Anda temukan, mulai dari material bangunan, instalasi listrik termasuk lampu, hingga ornamen taman. Mulailah dengan mencari balok-balok kayu dari hutan budidaya, semen ramah lingkungan, dan bila perlu gunakan kembali besi-besi tidak terpakai.
Meski kembali ke alam, gunakan teknologi canggih

Walaupun Anda berencana "menggarap" halaman rumah dan membuatnya tampak lebih "hijau", tidak ada salahnya menggunakan teknologi terbaru. Manfaatkan teknologi pendeteksi gerakan dan cahaya untuk menyalakan dan mematikan lampu di halaman. Cara ini dapat menghemat konsumsi energi.
Manfaatkan dekorasi yang tidak terpakai

Selesai berurusan dengan instalasi listrik dan lampu, kini tiba waktunya mendekor taman. Gunakan kembali furnitur-furnitur lama. Perbaiki, cat, dan berikan fungsi baru. Contohnya, gunakan jemuran baju untuk menggantung pot bunga. Jadikan pula kloset sebagai "pot" raksasa, atau manfaatkan kursi sebagai media rambat tanaman.

Sediakan media tanam berkondisi baik

Dalam membuat taman, sebenarnya unsur ini bisa jadi merupakan unsur terpenting. Jangan lupa menyediakan media tanam yang baik bagi semak, bunga, dan pohon. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pupuk kimia.

Sumber: http://properti.kompas.com/

Sumber foto: hibernianhomesolutions.com

-

Baca juga:

6 Taman yang Justru Lebih Indah Ketika Malam Tiba

Desain Tamanmu Agar Tampak Indah Layaknya Taman Disneyland

Ini Cara Mempercantik Taman yang Rendah Biaya

Tanaman Herbal yang Dapat Memperindah Taman Anda

Inspirasi Desain Taman Vertikal Ini Pasti Membuatmu Ingin Mengaplikasikannya Juga di Rumah

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus