Selamat datang di ideaonline.co.id

Cek! Ini Dia Tanaman Pengusir Nyamuk


Musim kemarau waktunya nyamuk-nyamuk keluar dari sarangnya. Usir hewan penyebab penyakit berbahaya ini dengan cara alami: memakai tanaman.

Posted on 10 Desember 2016 | Penulis: Sara Agustriana
Cek! Ini Dia Tanaman Pengusir Nyamuk

iDEAonline.co.id  – Inilah tanaman pengusir nyamuk! Iklim tropis di Indonesia menuntut desain rumah yang memiliki sistem sirkulasi udara yang lancar. Bila tidak, ruang akan terasa panas dan pengap. Jika sudah begini, nyamuk pun akan senang datang ke rumah Anda.

Penggunaan kelambu  memang bisa dijadikan sebagai elemen penghalau nyamuk. Hanya saja, kelambu cuma bisa digunakan di kamar tidur. Lalu, bagaimana dengan ruangan lain? Eits, tak perlu khawatir. Dengan tetap mengusung konsep ramah lingkungan, Anda dapat memanfaatkan tanaman sebagai pengusir nyamuk. Apa saja tanaman tersebut? Check it out !

Zodia (Evodia suaveolens )

zodia - belitung.tribunnews.com
foto: belitung.tribunnews.com

Tanaman pengusir nyamuk pertama adalah zodia. Tanaman ini memiliki bau yang harum terutama ketika daunnya bergesekan ditiup oleh angin. Aroma ini yang tidak disukai nyamuk. Ayo, tempatkan 1-2 pot dalam ruangan. Jangan terlalu banyak sebab ada beberapa orang yang tidak tahan dengan aromanya.

Geranium (Pelargonium sitrosa )

geranium - mallukas.com
foto: mallukas.com

Tanaman ini sebenarnya bukan indoorplant , tetapi bisa juga ditanam di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk. Jika ingin menanamnya, tempatkan di dekat jendela sehingga aromanya terbawa angin ke dalam ruangan.

Rosemary (Rosmarinus officinalis )

rosemary - us.minigarden.net
foto: us.minigarden.net

Selain dapat diolah menjadi teh, tanaman ini juga cocok untuk mengusir nyamuk. Tempatkan tanaman ini di pekarangan atau di dalam ruangan. Letakkan di dekat gantungan baju atau lemari di mana banyak nyamuk bertengger.

Tanam Tagetes atau bunga tahi kotok (Tagetes patula )

tahi kotok - wikimedia.org
foto: wikimedia.org

Letakkan tanaman ini di sekitar halaman Anda. Nyamuk juga serangga terbang lainnya akan pergi menghindari aroma dari tanaman ini.  

Tunggu apa lagi, iDEA lovers. Ayo taruh tanaman tersebut di rumah Anda!

Sumber foto: www.flickr.com

Sumber: dok. iDEA

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus