Selamat datang di ideaonline.co.id

Begini Caranya Agar Udara Segar Masuk Kamar Tidur


Mau bikin jendela enggak bisa, karena tembok kamar berhimpitan dengan tembok rumah tetangga? Buat saja taman di antara kedua tembok. Begini caranya!

Posted on 10 Januari 2017 | Penulis: Anissa Q. Aini
Begini Caranya Agar Udara Segar Masuk Kamar Tidur

iDEAonline.co.id – Menempatkan kamar berhimpitan dengan tembok rumah tetangga, seringkali jadi masalah. Soalnya, kita jadi tidak bisa menempatkan jendela. Padahal tidak satu pun kan dari kita, yang mau kamarnya menjadi pengap karena sirkulasi udaranya tidak lancar. Kalau begini keadaannya, saatnya putar otak agar udara segar masuk ke kamar tidur . Nah , taman di lorong berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi.

Idenya sederhana saja. Sebuah lorong baru (yang kemudian menjadi taman) diciptakan untuk memberi penghawaan pada dua buah kamar tidur. Tadinya, kedua kamar itu memiliki satu dinding yang berhimpitan dengan tembok rumah tetangga. Jadi kamar tidur itu tak memiliki jendela sama sekali.

Lahan taman ini berukuran 6 m x 1,5 m. Sebagian besar lahan sengaja ditutup semen biar sekaligus dapat menjadi teras samping. Lebar lahan untuk taman sekitar 50 cm. Kata pemilik rumah, keberadaan lantai semen itu ada agar lokasi sekitar dinding luar kamar tidak becek saat hujan turun. Namun untuk menciptakan kesan alami, area yang tertutup semen ditaburi batu koral putih. Untuk tanaman pada taman, hanya ditanam dua buah tanaman, bakung air mancur dan kamboja.

Mengingat letaknya di samping kamar tidur, pemilik rumah tak ingin terlalu banyak sinar matahari masuk ke dalam kamar. Maka dibuatlah atap yang menutup sebagian dari lebar lorong. Walaupun bisa disebut sebagai ruang terbuka, atapnya tidak terbuka secara keseluruhan.

Menarik, ya ? Enggak cuma jadi penyedia udara segar, taman juga membuat pemandangan keluar jendela kamar tidur, lebih menarik!

Foto: Fardina R. Suri

Properti: Ria Pramita, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Annisa Q. Aini
EDITOR

Annisa Q. Aini

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus