Selamat datang di ideaonline.co.id

4 Cara Jitu Menjaga Tanaman Tetap Segar


Hal yang menyedihkan bila Anda mendapati bunga-bunga di taman rumah berubah menjadi layu dan tak segar lagi kala pulang dari berpergian dalam jangka waktu lama. Hindari kemungkinan terburuk tersebut dengan 4 cara jitu menjaga tanaman tetap segar di bawah ini.

Posted on 11 Desember 2016 | Penulis: Sara Agustriana
4 Cara Jitu Menjaga Tanaman Tetap Segar

iDEAonline.co.id –  Tidak perlu repot, 4 tips jitu ini akan menjaga tanaman tetap segar. Bagi Anda yang sangat mencintai tanaman, pasti mudik ini menjadi beban pikiran tersendiri karena tidak ada orang yang dapat mengurus tanaman Anda. Anda pasti tak menginginkan taman yang telah Anda rawat berbulan-bulan berubah menjadi layu, bahkan mati karenanya.

Agar tanaman tetap segar selama ditinggal mudik, sebaiknya Anda melakukan perawatan khusus. Cobalah empat jurus jitu di bawah ini agar tanaman tetap segar walaupun ditinggal mudik berhari-hari.

Beri pupuk

Diketahui, pupuk bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, tanaman harus tetap tumbuh dengan semestinya dengan pemberiaan pupuk sebelum Anda pergi mudik. Bila pergi mudik berhari-hari, bukan berarti Anda memberikan pupuk secara berlebihan. Tetap, beri pupuk secukupnya saja, disesuaikan dengan kadar kebutuhan yang diperlukan tanaman.

Tempatkan di titik yang lebih teduh

Perhatikan betul posisi tanaman-tanaman Anda. Walaupun tanaman butuh sinar matahari secara langsung, tetapi untuk mencegah tanaman cepat layu, sebaiknya tempatkan tanaman di tempat yang lebih teduh. Hal ini dilakukan untuk mengurangi proses penguapan sehingga air tidak mudah habis dan tentunya membuat tanaman segar sepanjang waktu. Untuk itu, sebelum pergi dalam waktu yang lama, ada baiknya memindahkan posisi-posisi tanaman ke tempat yang lebih teduh.

Gunakan moss atau serabut basah

Bila Anda pergi berhari-hari, ada cara lain yang dapat Anda lakukan agar tanaman tetap segar selain dengan menempatkan tanaman di tempat teduh. Menggunakan moss atau serabut basah menjadi alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat laju penguapan. Di samping itu, terdapatnya cadangan air pada moss  dapat membantu menyegarkan karena dapat menetes ke media tanam.

Beri air secukupnya

Sia-sia bila Anda sudah mempersiapkan semuanya seperti tiga tahap di atas, tetapi melupakan penyiraman sebelum pergi. Siram tanaman Anda dengan air secukupnya sebelum Anda tinggal mudik. Jika Anda sangat mengkhawatirkan kondisi tanaman, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan semprotan otomatis yang diatur waktunya atau dengan sistem tetes atau hidroponik wick .

Dengan 4 cara jitu, tanaman pun tetap segar walau ditinggal mudik.

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: www.thestar.com

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus