Selamat datang di ideaonline.co.id

Lapisan Pagar Anti Karat Multifungsi


Pagar besi yang mudah berkarat memang menjengkelkan.  Ternyata ada solusi terbaru selain mengecat ulang, yaitu melapisi pagar dengan lapisan anti karat yang multifungsi. Penasaran bagaimana teknologi lapisan pagar anti karat  ini bekerja?

Posted on 27 Februari 2015 | Penulis: Aisya Putrianti
Lapisan Pagar Anti Karat Multifungsi

iDEAonline.co.id   - Setiap pagar memiliki masalahnya masing-masing, namun masalah paling umum yang sering ditemui adalah pagar besi yang cepat berkarat.  Penyebabnya bisa macam-macam, seperti air hujan atau bahkan cuaca yang tidak menentu.  Bisa jadi pagar besi yang cepat berkarat karena tidak memiliki lapisan pagar yang anti karat

Ada masalah tentu ada solusi, maka itu sudah tersedia cara-cara melapisi pagar agar tidak berkarat.  Salah satu yang paling umum adalah melapisinya dengan cat.  Namun cat memiliki kekurangan, yaitu mudah terkelupas dan besi berkarat lagi.  Akibatnya, harus ada perawatan rutin yaitu pengecatan kembali yang akan memakan biaya. 

Solusi terbaru adalah melapisi permukaan pagar besi dengan teknologi bernama Fotokatalisis .  Proses kerjanya mendapat bantuan dari cahaya yang berasal dari sumber spektrum cahaya matahari seperti cahaya tampak, UV, dan sebagainya.  Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk lapisan pagar anti karat  pada besi dengan membuat larutan katalis.  Katalis adalah senyawa yang mampu membantu suatu senyawa, atau bahan untuk bereaksi dengan senyawa lain ataupun lingkungan dengan lebih baik.

Salah satu keunggulan yang bermanfaat untuk pagar besi Anda, tentunya menjadi lapisan anti karat.  Cara kerjanya untuk membuat lapisan anti karat ini dengan membuat larutan dari katalis.  Katalis yang biasa digunakan adalah Titanium Dioksida .  Bahan tersebut murah, mudah dicari, dan ramah lingkungan.  Cara membuat larutannya dengan mencampurkan Titanium Dioksida berbentuk serbuk putih dengan air, setelah melalui beberapa proses di laboratorium, akan menjadi larutan yang juga berwarna putih susu akan melapisi besi nantinya. 

Cara pelapisannya dengan mengoleskan besi seperti dengan cat, lalu mengeringkannya dengan suhu tinggi agar katalis dapat menempel ke besi.  Dengan lapisan katalis dibandingkan dengan besi yang tidak dilapisi, besi tidak mengalami karat, sedangkan besi yang tidak dilapisi menjadi berkarat setelah dua hari.

Dengan menggunakan Teknologi Fotokatalisis , munculnya lapisan anti karat ini, juga tentu ada peluang diikuti dengan keunggulan Teknologi Fotokatalisis  yang lainnya seperti swabersih, swa-steril, purifikasi udara, dan sebagainya.

Sumber : teknologi.kompasiana

Foto: cristfence.com

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus