Selamat datang di ideaonline.co.id

Lakukan 3 Cara Ini Agar Pagar Semakin Apik


Sebagai wajah rumah yang pertama kali terlihat, pagar dan pintu gerbang wajib diolah agar menarik perhatian. Yap, lakukan 3 cara ini yuk iDEA Lovers!

Posted on 30 Maret 2016 | Penulis: Johanna Erly Widyartanti
Lakukan 3 Cara Ini Agar Pagar Semakin Apik

iDEAonline.co.id – Satu pesan yang sering terdengar ketika merencanakan sebuah pagar adalah pagar bukan semata-mata sebagai pembatas lahan pribadi, namun harus mampu menjadi karakter penghuninya.

Memang, pagar rumah dan pintu gerbang adalah wajah rumah kita yang terdepan. Selain dapat dipakai untuk menunjukkan identitas pemilik rumah, juga menjadi sarana mempercantik wajah rumah. Kedua hal ini dapat dicapai jika pagar dan pintu gerbang dapat menampilkan wajah yang tepat sesuai keinginan pemilik rumah.

Penguat Karakter

Pesan lain tentang pagar dan gerbang adalah, seharusnya hadir sebagai penguat karakter bangunan. Menghadirkan pagar dan gerbang yang benar harus memperhatikan gaya rumah secara keseluruhan. Konsep arsitektur dan gaya bangunan utama ini akan menentukan dalam pemilihan warna, bentuk dan desain, serta pilihan material yang akan digunakan.

Pilihan Warna

Banyak warna dapat diaplikasikan untuk pagar dan pintu rumah. Dari sekian banyak warna, pilihan yang tepat adalah jenis warna yang sifatnya ramah, terbuka, bersahabat, mengundang, atau menarik perhatian.  Namun, harus dihindari kesan yang berlebihan atau terlalu menonjol.  Karena kondisi ini akan mengakibatkan wajah asli bangunan justru akan “tenggelam”. Warna yang dipilih haruslah warna yang cukup netral untuk berbaur dengan warna-warna lain yang ada pada bangunan di sekitarnya dan dapat menyatukan wajah bangunan utama dan pagar atau gerbangnya.

Pada kondisi tertentu, sebuah warna yang cukup menonjol dapat diaplikasikan. Sebagai point of interest atau fokus perhatian cara ini dapat diterima, namun tidak boleh mendominasi, karena ini akan mengacaukan kesan rumah secara keseluruhan.

Bagaimana jika warna monokromatis diterapkan untuk pagar dan gerbang?  Pastikan sebuah warna pilihan yang cocok dan sesuai selera Anda. Agar tidak terkesan monoton dan membosankan, gunakan variasi gradasi warna yang cukup. Padukan juga dengan unsur-unsur tekstur dan corak agar tampilan terlihat “hidup”.

Bentuk dan Desain

Kehadiran pagar dan gerbang sebaiknya juga tidak menutupi wajah bangunan utama. Untuk itu, selain pilihan warna, bentuk desain pagar dan gerbang juga harus direncanakan dengan cermat. Mengombinasikan bentuk masif dan berongga adalah salah satu cara yang dapat ditempuh. Selain bagian rongga dapat menjadi sarana visual untuk tetap memperlihatkan wajah bangunan utama, juga memberi kesan dinamis dan tidak membosankan.

Sumber foto: homedecox.com

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus