Selamat datang di ideaonline.co.id

Dinding Rooster Pengganti Pagar Rumah


Pagar rumah tidak harus terdiri dari deretan besi atau kayu. Dinding Rooster yang unik bisa di temukan menjadi Pengganti Pagar Rumah

Posted on 6 Maret 2015 | Penulis: M. Indra Sukma
Dinding Rooster Pengganti Pagar Rumah

iDEAonline.co.id - Apa, sih , rooster ? Biasanya kita melihat rooster  di rumah-rumah tropis zaman dulu. Letaknya di atas pintu atau jendela. Fungsinya sebagai lubang angin. Bentuknya macam-macam, kotak, persegi, segi enam, dan sebagainya. Nah, seiring berjalannya waktu, fungsi rooster  pun berkembang. Sekarang si lubang angin bisa juga mempercantik wajah rumah, sebagai pengganti pagar. Kini Anda dapat menemukan dinding Rooster sebagai pengganti pagar rumah .

Pada umumnya dinding rooster dibuat berukuran panjang 6,5m dengan tinggi 1,5m, sedangkan dinding samping berukuran panjang 2,2m. Tetapi sekarang tergantung dengan kebutuhan si pemilik rumah ingin disamakan dengan pagar atau tidak. Rooster bisa juga dibuat menyiku ke samping biar bagian teras samping juga tertutup.

Rooster pada umumnya berukuran 20cm x 20cm. Rooster  punya bobot yang relatif berat, 4,5 kg. Meski demikian, tak perlu cemas. Rooster  tetap bisa ditumpuk dengan aman. Supaya menarik buat dengan susunan selang-seling. Untuk merekatkan antara satu rooster  dengan yang lain, cukup gunakan semen.

Biasanya konstruksinya tidak menggunakan tiang atau balok. Dinding ini hanya bertumpu pada sloof  yang mengikat fondasi di dalam tanah. Sloof- lah yang bertanggung jawab untuk menerima dan menyalurkan beban rooster  ke fondasi.

Rooster hanya sebagai material pengisi dinding yang tidak menerima beban berat. Maka itu, konstruksinya tak perlu rumit. Selain perekat semen, penguatnya cukup tambahkan pelat besi,” kata tim arsitek Sub Studio yang merancang dinding rooster  itu.

Pelat besi setebal 4mm disekrup pada bagian atas rooster . Fungsinya membuat rooster  bertambah kaku. Jadi, kalau terdorong angin atau tersenggol badan orang, dinding rooster  ini tak akan ambruk.

Foto: infobisnisproperti

Annisa Q. Aini
EDITOR

Annisa Q. Aini

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus