Selamat datang di ideaonline.co.id

Pencahayaan Fasad; Tidak Sekadar Terang


Semenarik apapun fasad sebuah rumah, saat malam tiba, tetap hanya akan tampak hitam karena gelap. Itulah sebabnya diperlukan pencahayaan, supaya saat malam pun rumah tetap tampil menarik.

Posted on 5 Oktober 2016 | Penulis: Anissa Q. Aini
Pencahayaan Fasad; Tidak Sekadar Terang

iDEAonline.co.id  – Yang namanya pencahayaan fasad itu tidak sama dengan membuat rumah jadi terang benderang, ya . Terang hanya salah satu dari manfaat pencahayaan fasad. Itu sebabnya, diperlukan perencanaan matang untuk memperoleh pencahayaan yang baik dan benar, untuk tampilan muka rumah. Supaya tidak hanya terang, pun indah.

Permainan dowlight  dan uplight  membuat muka rumah jadi menarik. Tempatkan beberapa downlight  untuk menerangi beberapa sudut secara general. Kemudian cari elemen-elemen yang ingin ditonjolkan dari fasad, tiang, beberapa tanaman, tak jarang pula ada yang ingin meng-highlight  nomor rumah.

Untuk elemen-elemen tinggi menjulang, seperti tiang, penggunaan uplight  jitu untuk membuatnya tampak lebih megah. Untuk membuat tanaman lebih menarik, tempatkan lampu sorot. Cahayanya akan memberikan kesan dramatis pada taman dan tanaman. Jika kebetulan rumah Anda memiliki jendela-jendela yang lebar, perhatikan juga pencahayaan di dalam rumah, karena cahayanya akan tampak dari luar.

Lampu dengan cahaya kekuningan lebih dianjurkan untuk fasad daripada putih. Cahaya kuning memberikan tampilan hangat dan elegan, cahaya putih membuat rumah tampil datar, terkesan hanya sekadar terang. Ingin menambahkan lampu berwarna lain, boleh saja. Asal sesuai dengan gaya tampilan rumah dan jangan gunakan terlalu banyak warna, salah-salah rumah Anda dikira taman bermain.Selamat merancang pencahayaan fasad!

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Annisa Q. Aini
EDITOR

Annisa Q. Aini

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus