Selamat datang di ideaonline.co.id

Empat Fakta Menarik Penggunaan Keramik Sebagai Fasad


Dibalik banyaknya jenis material fasad, keramik menjadi salah satu material yang memiliki banyak keuntungan. Dan inilah empat fakta menariknya.

Posted on 13 Oktober 2016 | Penulis: Sara Agustriana
Empat Fakta Menarik Penggunaan Keramik Sebagai Fasad

iDEAonline.co.id – Kini semakin banyak orang menyadari pentingnya mempercantik tampilan rumah mereka. Untuk memulainya, fasad rumah menjadi permulaan. Mempercantik fasad rumah, pertama bisa dilakukan dengan pemilihan materilnya. Keramik, menjadi material yang perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, keramik memiliki banyak ragam, mulai dari motif, ukuran, dan juga detail yang indah.

Selain dari segi mempercantik tampilan visual, material keramik juga memiliki manfaat lainnya. Dan inilah empat fakta menarik penggunaan keramik sebagai fasad, yang mesti Anda ketahui. Let’s check !

1.  Memiliki beragam corak dan warna

Sudah pasti, keramik memiliki ragam corak dan warna sehingga mempermudah Anda membuat tampilan fasad rumah terlihat lebih menarik. Anda bisa melakukan permainan warna dan motif dengan mengkombinasikan warna terang dengan warna gelap agar tampilannya tidak membosankan. Selain warna, Anda dapat memadupadankan keramik bermotif kayu dan batu alam. Ada juga keramik corak kayu dan bambu, corak batu bata, batu andesit, bahkan batu koral. Dengan keunggulan ini, Anda dapat membangun wajah fasad lebih sedap dipandang.

2.  Sebagai penanda penghuni rumah

Fasad sebaiknya menjadi cerminan selera pemilik rumah. Bila Anda suka nuansa alam, maka perlihatkanlah dengan rimbunan pohon dipadukan batu alam. Saat memilih material keramik, usahakan pilih yang berbeda dan unik sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Dengan keramik unik, kecil kemungkinan desain fasad rumah Anda sama dengan fasad rumah tetangga.

3.  Kuat dan mudah dibersihkan

Dalam menempatkan fasad, sebaiknya perlu diberi jarak dari jalan agar terhindar dari debu dan kotoran. Lapisi fasad dengan keramik yang kuat dan mudah dirawat. Perawatan berkala sangat disarankan. Ketika terlihat kotor dan berdebu, cukup semprotkan air atau cairan pembersih. Pastikan pilih keramik jenis keramik dinding untuk outdoor yang berdaya serap air rendah.

4.  Mencegah panas, meredam bising

Dinding fasad yang menghadap arah timur atau barat rentan terhadap panas. Untuk itu gunakan secondary skin. Cara lainnya, tambah ketebalan dinding agar rambatan panas berkurang. Seperti penggunaan keramik dengan lapisan semen perekatnya. Permukaan keramik yang licin juga membuat panas matahari terpantulkan kembali. Keuntungan lainnya, bila rumah terletak di pinggir jalan yang ramai dan bising, fasad berguna menjadi peredam.

Sumber : http://tekno.kompas.com

Sumber foto : www.preyses.com

-

Baca juga:

Museum Terbaik Untuk Melakukan Selfie yang Instagram-able Banget

Berani Restoran yang "Nempel" di Pinggir Tebing Tinggi

Jangan Salah dalam Memilih Baja Ringan!

Tips Beli Keramik Agar Gak Rugi

Sabrina Alisa
EDITOR

Sabrina Alisa

Indonesia. Buku, tidur, makan. @sabrina.alisa.1

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus