Selamat datang di ideaonline.co.id

Percantik Carport Lama dengan Tanaman Rambat


Bosan dengan tampilan carport lama? Yuk segarkan carport dengan menambahkan tanaman rambat! 

Posted on 5 Januari 2017 | Penulis: Fredi/Sherly
Percantik Carport Lama dengan Tanaman Rambat

iDEAonline.co.id  – Tampilan carport sangat berpegaruh pada tampak depan rumah secara keseluruhan. Carport yang usianya sudah lama akan terlihat kusam. Jika ingin menyegarkan kembali tampilan rumah, coba cara yang satu ini: manfaatkan tanaman rambat!

Carport berhias tanaman rambat sudah banyak digunakan orang. Alasannya bermacam-macam. Ada yang mengejar keindahan, memberi kesan hijau lantaran lahan yang terbatas, atau memberi tawaran desain baru model penaung mobil yang lazimnya beratap beton atau kaca.

Kepopuleran carport tanaman rambat didukung oleh konstruksinya yang sederhana. Carport lama dengan konstruksi apa  pun dapat dihias tanaman rambat. Anda hanya perlu menambah rambatan tanaman pada sisi atas kanopi.

Dari rangka carport yang ada, Anda cukup menentukan posisi dan rencana awal tanaman rambat. Ini bisa berupa tanaman yang merambat dari bawah atau boks tanaman yang menjuntai dari arah balkon. Dua-duanya sah dan bisa diterapkan sesuai selera.

Menjuntai ke Bawah

 “Carport tanaman jalar bisa dibuat dengan banyak cara. Bahkan dengan memakai pot-pot tanaman yang ditaruh di atas saja dan dibiarkan menjalar ke bawah sudah cukup cantik,” ungkap Dendi Dwiputra, konsultan lanskap yang tergabung dalam Envirospace Landscape.

Buatlah bak-bak media tanam dari beton. Bak ini minimal berdimensi 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan bentuk persegi. Taruh bak-bak media tanam di pinggir balkon, sehingga tanaman rambat bisa Anda lekatkan pada atap carport.

Merambat ke Atas

Cara lain, Anda dapat merambatkan tanaman dari taman di sekitar carport. Buat terlebih dahulu rambatan dengan menggunakan wiremesh  dengan jarak 10 cm – 15 cm atau kawat jaring yang terhubung dengan atap. Dari sanalah, tanaman rambat akan menjalar ke seluruh kanopi.

 “Yang terpenting adalah pemasangan lapisan rambatan di atas struktur utama carport. Buat dudukan dengan jarak 10 cm.” Dalam salah satu proyek, Dendi menggunakan tulangan baja dengan diameter 8 mm yang disambungkan membentuk anyaman. Jarak antar wiremesh  10 cm x 10 cm. Rambatan kemudian disambung dengan rangka baja profil pada carport.

“Sebenarnya tak harus dengan baja tulangan, bisa juga menggunakan wiremesh  yang dijual rol, kawat galvanis diameter 3 mm, batangan besi, bahkan kayu. Jarak antar kisi-kisi idealnya sekitar 10 cm,” tutur Dendi.

Tambahkan Lapisan Atap

Hanya mengandalkan pergola tanaman rambat yang berlubang-lubang saja tentu tidak tidak cukup . Butuh kombinasi atap solid agar mobil kesayangan Anda terlindung dari terpaan hujan. Anda dapat mengkombinasikan carport tanaman rambat dengan kain terpal, plastik yang agak tebal, atau polyethelene, semacam bahan polimer khusus.

“Polikarbonat diposisikan di bawah pergola tanaman rambat sehingga mobil tidak kehujanan dan tanaman tetap terkena sinar matahari,” jelas Dendi.

Tanaman rambat yang tumbuh subur pasti berhasil mengubah tampilan carport. Tanaman yang menjalar atau yang menjuntai pun akan mempercantik sekaligue menyegarkan tampak depan rumah.

Foto Dok. Renovasi/iDEA

Maulina Kadiranti
EDITOR

Maulina Kadiranti

Cewek Minang yang satu ini punya hobby fangirling (Khususnya KPOP). Makan segala hal berbau greentea. Punya ketawa yang aneh. Selalu suka hal yang berhubungan dengan MEDIA dan ART! Talk with me @maumoyaa

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus